Tenaga Angin

Tenaga angin merupakan salah satu jenis energi yang tertua yang diberdayakan dalam peradaban manusia. Penggunaannya seperti untuk pelayaran, kincir angin pabrik gandum, dan pompa air untuk irigasi.

Secara tak langsung, sumber energi angin adalah matahari. Dipengaruhi oleh tekanan, angin bergerak dari area bertemperatur rendah ke area bertemperatur tinggi, dan dikombinasikan dengan efek coriolis, yang menyebabkan dinamika gerakan angin di permukaan planet bumi.

Aliran angin di permukaan planet bumi (Sumber: https://steemkr.com/steemstem/@aximot/how-does-the-coriolis-force-determine-the-spin-of-a-cyclone)

Jika kecepatan angin mencapai 6-7 m/s, maka kekuatan daya bisa mencapai 300-400 W/m^2 (Ehrlich, 2017).

Angin di Eropa lebih dingin sehingga lebih berat, serta lebih stabil, dan memiliki daya yang lebih besar dibandingkan angin di kawasan tropik yang lebih ringan dan kecepatannya sangat berfluktuasi.

Distribusi Weibul merupakan pendekatan yang paling cocok untuk menggambarkan distribusi frekuensi kecepatan angin terhadap jumlah waktu di suatu lokasi.

Semakin tinggi dari permukaan tanah, kecepatan angin akan semakin tinggi. Namun itu sangat tergantung kepada kekasaran permukaan, pepohonan, maupun bangunan-bangunan.

Beragam kincir angin dapat dibedakan misalnya: berdasarkan jumlah bilah, ukuran daya, onshore atau offshore, dan lain-lain. Namun pembeda yang paling utama adalah tipe poros, yaitu tipe poros horizontal (Horizontal-Axis Wind Turbines, HAWT) dan tipe poros vertikal (Vertical-Axis Wind Turbines, VAWT)

Secara umum, tipe HAWT dibagi menjadi dua macam yaitu upwind dan downwind.

Kincir angin tipe poros horizontal

Sedangkan tipe VAWT juga dibedakan menjadi dua, yaitu Darrieus dan Savonius.

Kincir angin tipe poros vertikal

Walaupun kincir angin berkapasitas 10 MW sedang dikerjakan oleh beberapa perusahaan, saat ini sebuah kincir angin Enercon di Jerman, memiliki diameter rotor 126m, mampu menghasilkan daya 7,58 MW.

Kincir angin Enercon E-126 berkapasitas 7,58 MW, diameter rotor-nya 126 meter (Sumber: https://www.enercon.de/home/)