PLTSa di TPA Gampong Jawa, Banda Aceh

Beberapa kota di Aceh memiliki populasi lebih dari 100 ribu jiwa, yaitu Banda Aceh; Lhokseumawe; Meulaboh; Bireuen; Takengon; Bireuen, Kuala Simpang, Langsa and Tapak Tuan. Kota-kota ini memiliki potensi untuk mengembangkan energi bersumber dari limbah domestik.

Sebagai contoh, Banda Aceh, memiliki populasi 250.000 jiwa, setiap hari memproduksi 180 ton sampah. Namun hanya 165 ton sampah yang dikumpulkan dan dibawa ke TPA Gampong Jawa, yang sudah menerapkan metode sanitary landfil sejak 2009.

Untuk mengolah lindi, TPA ini memiliki kolam anaerobic, aerobic, dan kolam maturasi. Juga terdapat reaktor biogas yang disebut Intermediate Treatment Facility (ITF) yang mampu menghasilkan 40 kW listrik.

Dua unit pengolahan air limbah juga tersedia dengan total volume 130 meter kubik.

TPA Gampong Jawa memiliki luas 21 Ha, dioperasikan oleh Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota (DK3),

Dari 165 ton sampah yang masuk, terdiri dari 92 ton sampah organik dan 73 ton anorganik.

Sampah non-organik (botol, plastik, gelas, kaleng, kertas, dan lain-lain) disortir untuk usaha reuse dan recycle. Ada yang diproses di kawasan Panteriek, juga ada yang diperdagangkan dengan penampung di sekitar TPA untuk dijual ke Medan.

Kayu dan batang-batang pohon dipisahkan dan diproses menjadi kompos. Sekitar 2 ton limbah organik juga digunakan untuk menyuplai kebutuhan ITF 40 kW.

Sisa limbah organik (sekitar 86 ton per hari) kemudian diangkut ke area landfill. Yang terdiri dari 2 blok dengan masing-masing seluas 2,5 ha.

Untuk prosedur sanitary landfill, TPA ini membutuhkan 5000 meter kubik tanah dan 3500 meter kubik kompos setiap tahun.

6 batang pipa HDPE dipasang vertikal pada area landfill, tersambung dengan sejumlah pipa HDPE lainnya yang telah dipasang horizontal di awal konstruksi. Gas methane yang diserap oleh pipa horizontal kemudian dialirkan ke atas dengan pipa vertikal.

Hasil investigasi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyimpulkan gas methane TPA Gampong Jawa ini mampu menghasilkan listrik hingga 195 kW.

Sebar berita baik ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *