PLTS di Gedung BAPPEDA Kota Banda Aceh

UPTB GIS Bappeda Kota Banda Aceh, berhasil melakukan tambahan instalasi panel surya 1200 Watt di atap gedung, sehingga ditambah dengan yang sudah terpasang di tahun lalu, sekarang menjadi total terpasang 1600 Watt.
Kali ini yang dipasang adalah 8 lembar panel surya polycristalline berkapasitas 150 Watt, sebuah Solar Charge Controller 30 Amp, 4 unit batere 200 Ah, serta 1 unit inverter 1500 Watt.
Kabid Perencanaan Pembangunan Ekonomi dan Sumber Daya Alam, Parmakope, SE., MM. dalam komentarnya menyampaikan bahwa instalasi sistem PLTS ini juga mampu menjadi rujukan dan media untuk belajar tentang cara kerja pembangkit listrik energi surya. Bahkan, dengan memanfaatkan instalasi e-Box WiFi, kinerja sistem PLTS ini bisa dipantau melalui aplikasi android yang terpasang di hand-phone. Serta bisa juga langsung dikonekkan ke server dan di-publish melalui website Bappeda untuk dipantau oleh pihak-pihak yang berkepentingan lainnya.
Listrik yang bersih ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan daya di ruangan operasional GIS di gedung Bappeda sehingga mampu mengurangi penggunaan listrik dari PLN.
Semangat energi terbarukan ini merupakan keniscayaan seiring dengan semakin berkurangnya energi fosil, semakin meningkatnya biaya listrik. Diharapkan menjadi inspirasi bagi lembaga-lembaga lain untuk bersama mengembangkan pemanfaatan energi terbarukan, seperti panel surya ini.

___________________________________________________________

Silahkan kunjungi www.panelsuryabandaaceh.com untuk mendalami tentang konfigurasi dan instalasi sistem panel surya.

Sebar berita baik ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *