PLTMH di Rerebe, Kec. Tripe jaya, Kab. Gayo Lues

PLTMH Rerebe berkapasitas 2 x 250 kW, berlokasi di Rerebe, Kec. Tripe Jaya, Kab. Gayo Lues, dikelola oleh koperasi desa dan menyuplai listrik bagi seluruh warga desa Rerebe dan sekitarnya. Pengelola koperasi memungut iuran sebesar Rp. 10.000 per rumah per bulan.

Listrik yang murah meriah ini dimanfaatkan secara sangat kreatif oleh salah seorang warganya, Pak Saidi. Berbekal pengalamannya belajar tentang teknik listrik di sekolah STM, beliau memasang elemen listrik sebagai pemanas pada tungku pembakaran untuk memasak minyak atsiri (nilam, sereh wangi, pala, dan lain-lain), sehingga tidak perlu menggunakan kayu bakar sebagaimana dapur-dapur minyak atsiri lainnya.

Pak Saidi bisa berhemat jutaan rupiah tiap minggu, karena tidak perlu ke hutan atau membeli berkubik-kubik kayu bakar untuk memanaskan boilernya.

Biaya produksi minyak atsiri dari dapur Pak Saidi menjadi sangat minimalis, dan dapurnya menjadi sangat bersih dan rapi, tidak ada tumpukan atau serakan kayu bakar.

Dan hikmah yang paling besar adalah, hutan-hutan di sekitar desa Pak Saidi menjadi tidak terganggu, sehingga pasokan air untuk beroperasinya PLTMH Rerebe tetap terjaga dengan baik.

Ini sebuah bentuk simbiosis mutualisme yang sangat ideal antara PLTMH, industri minyak atsiri, dan hutan.

Metode ini memiliki potensi sangat besar untuk dikembangkan dan ditiru di berbagai wilayah lainnya, yang memiliki sumber air dan sumber minyak atsiri berkualitas tinggi, baik itu minyak nilam, sereh wangi, pala, cengkeh, kemiri, dan lain-lain, misalnya wilayah Kab. Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, dan Simeulue.

Hanya perlu dibuat pilot proyek dan pelatihan di masing-masing wilayah tersebut, dan masyarakat petani atsiri yang melihat langsung keuntungan teknis dan finansial metode ini pasti akan berusaha menduplikasi.

Jika ini bisa dilakukan, merupakan solusi tepat untuk mencegah emisi karbon karena pembakaran kayu bakar di desa-desa pinggir hutan.

Sebar berita baik ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *