Arti Pemanasan Global

Apa maksudnya pemanasan global, atau global warming?

Sinar datang ke bumi dari matahari, sebagian dipantulkan kembali ke angkasa, sebagian diserap oleh ozon, sebagian menembus atmosfer dan sampai ke permukaan bumi membawa beragam manfaat.
Jumlah yang sampai ke permukaan bumi sudah pas, sesuai dengan kebutuhan bumi, sudah seimbang.

Namun, ketika manusia membakar energi, yaitu melepaskan karbon, metan, dan lain-lainnya ke udara, sehingga komposisi udara menjadi rusak. Ozon menjadi berkurang. Gas rumah kaca bertambah. Sehingga sinar matahari yang datang akhirnya terjebak di permukaan bumi, menyebabkan akumulasi peningkatan temperatur, atau pemanasan global.

Pemanasan global ini menyebabkan lapisan es di kutub, di pengunungan menjadi mencair, sehingga terjadi peningkatan permukaan air laut di seluruh dunia, yang sangat berbahaya terutama bagi negara-negara kepulauan.
Pemanasan global juga menyebabkan perubahan iklim, yang merusak siklus air, nitrogen, dan lain-lain siklus biogeokimia. Sehingga menyebabkan kacaunya siklus musim, pertanian, perkebunan, dan lain-lain.

Cara mencegah pemanasan global hanyalah dengan mengurangi pembakaran karbon, sehingga komposisi lapisan atmosfer bumi bisa kembali menjadi seperti semula, seperti sebelum “revolusi industri”.

Sebar berita baik ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *