Inisiasi Mikrohidro di Sumba dan Ende

Pulau Sumba dikaruniai alam yang sangat indah, barisan bukit-bukit yang rapi, tumbuh-tumbuhan unik bermanfaat, padang rumput yang dipenuhi oleh kuda-kuda eksotis perkasa, dan yang paling menyenangkan adalah masyarakatnya yang welcome, ramah dan sangat bersahabat, khas warga Nusa Tenggara Timur.
Demikian pula Kabupaten Ende di Pulau Flores, tempat dimana Presiden Soekarno dulu diasingkan oleh Belanda, memiliki suasana yang santai dan menggairahkan. Asik untuk merenung dan berfikir.
Sama seperti pulau-pulau lainnya di Nusa Tenggara Timur, wilayah Sumba dan Ende masih memiliki kendala keterbatasan sumber daya listrik, sehingga kegiatan perekonomian dan industri menjadi tersendat.
Selain masalah jumlah pembangkit yang masih sedikit, kondisi alam juga menyebabkan jaringan transmisi belum tersambung penuh secara merata.
Pemerintah Provinsi NTT, melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral berupaya melakukan inisiasi, yaitu mengembangkan PLTMH di kampung-kampung terisolir.
Dipilih dua lokasi, yang kebetulan memiliki sumber air yang memadai, yaitu Desa Delo, Kec. Wewewa Selatan, Kab. Sumba Barat Daya, dan Desa Detuwulu, Kec. Maurole, Kab. Ende.
Tim Rampai yang dipimpin oleh Syukri, ST (area Sumba) dan Agusheri Nugroho, ST (area Ende) kemudian turun ke lokasi, melakukan survei potensi dan analisa awal. Kemudian dilanjutkan dengan survei pemetaan, topografi, dan uji geoteknik.
Proses selanjutnya adalah membuat gambar Detailed Engineering Design (DED) dan menyiapkan dokumen laporan final.
Bermodalkan dengan Dokumen DED, dokumen lingkungan, dan area (lahan) yang sudah dibebaskan. Pemerintah Provinsi NTT kemudian bisa mengajukan usulan pembangunan fisik (konstruksi) ke Kementerian, dengan target utama adalah mengakses Dana Alokasi Khusus di Direktorat EBTKE (Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi).
PLTMH Delo dan PLTMH Detuwulu ini diharapkan menjadi solusi dan menjadi pemicu pengembangan ekonomi masyarakat di dua desa yang jauh terisolir tersebut.

Sebar berita baik ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *